Bahaya Sinar UV Bagi Mata

Bahaya Sinar UV Bagi Mata ~ Mata merupakan salah satu organ paling penting dalam kehidupan manusia, dengan demikian mata dapat membantu kita untuk melihat berbagai hal yang ada didunia ini. Peran mata sangatlah penting untuk membantu kegiatan manusia dalam menjalani kehidupan, seperti belajar, bekerja, berkarya dan kegiatan lainnya. Kita tidak bisa melakukan aktivitas tanpa kedua bola mata kita, maka dari itu kita harus menjaga pemberian Allah SWT yang amat sangat tidak terhingga nikmatnya.

Dalam kehidupan sehari-hari Kita tidak menyadari bahwa banyak hal yang dapat merusak mata salah satunya adalah akibat radiasi dari sinar UV. Sinar ultraviolet, sebuah nama yang tentunya sudah tak asing lagi di telinga kita. Kita ketahui sinar ultraviolet dapat berdampak buruk bagi kesehatan kulit. Karenanya kita melakukan berbagai cara untuk melindungi kulit kita dari baha radiasdi sinar ultraviolet. Sudah sering kita temukan berbagai produk yang dibuat untuk mengurangi dampaknya pada kulit. Namun, sadarkah kita jika bukan hanya kulit yang dapat mengalami masalah akibat radiasi sinar ultraviolet. Bahaya sinar UV bagi mata juga sangat berpengaruh

Sinar ultraviolet merupaan salah satu fenomena kehidupan di bumi. Terdapat beberapa jenis sinar ultraviolet, diantaranya adalah sinar UV-A, UV-B, dan UV-C. Sinar Ultraviolet dalam jumlah yang kecil dapat bermanfaat bagi tubuh manusia sebagai pembentuk vitamin D. Tetapi dalam jumlah banyak sinar berdampak pada kesehatan mata maupun kulit. Apalagi di masa dewasa ini ozon sudah semakin menipis, itu artinya intensitas sinar UV sudah semakin banyak. Oleh sebab itu ada baiknya jika kita melakukan upaya-upaya untuk melindungi bagian tubuh dari bahaya sinar UV bagi mata kita.

Terlalu lama berada dibawah terik sinar ultraviolet/UV pada intensitas yang tinggi akan menimbulkan rusaknnya jaringan sel-sel pada mata, serta memicu resiko terjadinya photokeratitis atau rasa sakit pada mata yang amat sangat, dalam keadaan demikian seperti sensasi terbakar pada permukaan mata. Jika tidak segera di tangani kondisi seperti ini akan menimbulkan komplikasi.

Pada tahun 1998, Journal Of American Medical Association menyatakan pendapat bahwa sinar matahari pada intensitas yang tinggi dapat meningkatkan risiko kerusakan pada organ mata seperti, glaukoma, kebutaan, katarak, pterygium dan pinguekula. Radiasi UV juga mengakibatkan reaksi oksidasi pada lensa mata, sehingga menimbulkan efek samping kekeruhan pada lensa mata. Maka dari itu, sebaiknya menggunakan pelindung mata seperti kaca mata jika Anda bepergian keluar rumah.

Makanan Sehat Untuk Mata

Ketika kita sudah mengetahui dampak atau bahaya sinar UV bagi mata, akankah kita membiarkan organ paling penting dalam tubuh kita terpapar sinar UV ?? Tentu saja kita harus mencari upaya untuk melindungi dan menjaganya, berikut ada beberapa Tips makanan sehat untuk mencegah dari bahaya sinar UV bagi mata.

Wortel untuk kesehatan mata1. Wortel

Wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat baik bagi kesehatan mata karena wortel mengandung beta-karoten, yang mana beta-karoten tersebut akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A yang sangat berperan penting untuk menjaga kesehatan mata. Wortel juga bermanfaat melepaskan radikal bebas yang ada dalam tubuh kita seperti sinar UV.

Blueberry untuk kesehatan mata2. Blueberry

Blueberry setera dengan 14 miligram vitamin C per cangkir. Vitamin C sangat penting dalam melindungi tubuh dari radikal bebas seperti sinar UV, molekul tidak stabil, yang merusak mata dan menyebabkan penyakit. Dalam penelitian Journal of Medicine Orthomolecular vitamin C mengurangi tekanan intraokular, mengurangi potensi untuk penyakit glaukoma. Glaukoma merupakan pemicu pada berbagai kondisi mata yang merusak saraf optik, adalah penyebab paling umum kedua kebutaan di Amerika Serikat. Vitamin C juga membantu menjaga jaringan ikat pada mata dan dapat mencegah degenerasi makula. Maka dari itu saat ini telah hadir produk kesehatan untuk mata dengan bahan alami dari blueberry yaitu Eye Care Softgel

coklat hitam untuk kesehatan mata3. Cokelat Hitam

Dark chocolate ini berfungsi untuk meningkatkan ketajaman penglihatan. Karena coklat hitam mengandung suatu zat yang dinamakan flavonoid yang bertugas melindungi pembuluh darah pada mata sehingga tentu saja akan secara otomatis memperkuat kornea dan retina mata kita. Nah, jika anda kurang menyukai wortel anda juga dapat menjadikan coklat hitama sebagai penggantinya.

Biji bunga matahari untuk kesehatan mata4. Biji bunga matahari (kuaci)

Siapa sangka camilan yang biasa kita gunakan sebagai pengganti pocorn ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata kita. Kuaci mengandung selenium, zinc dan vitamin E yang bisa mencegah gangguan pada mata seperti katarak dan gangguan pada mata yang disebabkan oleh faktor penuaan. Selain itu biji bunga mata hari juga mengandung vitamin B2 yang berfungsi untuk mengatasi penyakit  sensitivitas mata terhadap cahaya atau sering dikenal dengan istilah “photophobia”

Salmon untuk kesehatan mata5. Ikan Salmon

Nah kalo makanan yang satu ini kita pasti sudah tahu hehe. Ikan salmon memiliki kandungan omega-3 lebih banyak jika dibandingkan dengan jenis ikan / makanan laut yang lainnya.Beberapa penelitian menunjukan bahwa orang yang rutin mengkonsumsi asam lemak omega-3 maka akan terhindar dari gangguan mata kering sehingga mata akan tetap sehat.

Bayam untuk kesehatan mata6. Bayam

Selain dapat menambah energi, makanan kesukaan Popeye ini ternyata hampir sama seperti telur, ternyata bayam juga mengandung banyak zeaxanthin dan lutein. Selain itu bayam juga mengandung vitamin C yang dapat mencegah penyakit glaukoma.

Brokoli untuk kesehatan mata7. Kol / Brokoli

Juga merupakan salah satu jenis sayuran yang baik untuk merawat dan menjaga kesehatan mata karena brokoli atau kol ini mengandung nutrisi yang sama seperti bayam yaitu lutein dan zeaxanthin. Kedua nutrisi ini fungsinya seperti ‘sunglasses’ yang berfungsi untuk melindungi mata dari pancaran sinar UV. Tidak hanya itu lho, mengkonsumsi kol terbukti dapat menurunkan resiko terkena katarak.

Alpukat untuk kesehatan mata8. Alpukat

Buah alpukat merupkan jenis buah yang memiliki kandungan lutein paling banyak jika dibandingkan dengan buah lainnya. Fungsi Lutein sendiri yaitu mencegah degenerasi makular dan mata katarak. Selain itu buah alpukat juga berperan sebagai penyerap nutrisi penting seperti alfa dan beta-karoten  yang berguna dalam membentuk vitamin A agar dapat diserap tubuh dengan baik.

Tomat untuk kesehatan mata9. Tomat

Buah Tomat sering digunakan untuk merawat keehatan kulit muka. tetapi buah tomat juga memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan mata. Tomat yang diperkaya vitamin A, vitamin C dan lycopene, yang merupakan tiga nutrisi yang sangat penting untuk mata.

Itulah informasi mengenai bahaya sinar UV bagi mata dan tips untuk makanan sehatnya, semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

Untuk Anda yang sedang mengalami keluhan kesehatan pada organ mata, jangan khawatir karena saat ini ada solusinya dari Eye Care Softgel produk kesehatan berkualitas untuk Anda dan keluarga.

Post Bahaya Sinar UV Bagi Mata

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *