Bahaya Asap Rokok Untuk Paru-Paru

Anda perokok yang aktif atau perokok pasif? Jika anda termasuk kedua-duanya, maka anda wajib perhatikan beberapa bahaya asap rokok untuk kesehatan paru-paru anda. Karena telah kita ketahui bahwa Paru-Paru merupakan organ pada sistem pernafasan dan berhubungan dengan sistem peredaran darah vertebrata yang bernafas dengan udara. Fungsinya adalah untuk menukar oksigen dari udara dengan karbon dioksida dari darah. Untuk itu simak artikel tentang Bahaya Asap Rokok Untuk Paru-Paru berikut ini agar anda tahu dan terdorong ingin berhenti merokok.

Bahaya Asap Rokok Untuk Kesehatan Paru-Paru

Bahaya Asap Rokok Untuk Paru-ParuAsap rokok mengandung banyak bahan kimia yang mengandung metode tubuh penyaringan udara dan membersihkan paru-paru. Asap mengiritasi paru-paru dan menyebabkan kelebihan produksi lendir. Hal ini juga melumpuhkan silia kecil seperti struktur rambut yang melapisi saluran udara dan membersihkan debu dan kotoran. Kelumpuhan silia berarti lendir dan zat beracun terakumulasi, sehingga terjadi kemacetan di paru-paru. Lendir tambahan ini berarti perokok lebih mungkin untuk menderita bronkitis kronis dan apa yang dikenal sebagai “batuk perokok”.

Asap rokok juga merupakan salah satu pemicu asma yang paling sering. Ketika seseorang menderita asma, saluran udara mereka meradang, menjadi sangat sensitif dan sempit saat menghirup asap rokok. Hal ini akhirnya mengakibatkan serangan asma mendadak.

Paparan jangka panjang untuk paru paru mengalami peradangan akibat asap tembakau dapat menghancurkan struktur paru paru normal secara perlahan. Dinding elastis dari saluran udara kecil di dalam paru-paru pecah. Hal ini akan mengurangi jumlah jaringan paru-paru yang tersedia untuk transfer oksigen dari udara ke darah. Kondisi ini disebut emphysema. Beberapa derajat emfisema ditemukan hampir pada semua orang yang merokok dalam jangka panjang, namun beratnya akan bervariasi tergantung pada jumlah rokok yang dihisap, dan jumlah tahun atau lamanya perokok individu tersebut.

Kerusakan pada jaringan paru-paru tidak dapat disembuhkan. Emfisema dapat dicegah dengan tidak merokok, menghindari segala sesuatu yang akan mengiritasi paru-paru seperti debu dan udara dingin, dan memastikan setiap infeksi dada seperti flu dan bronkitis harus diperlakukan dengan baik.

Lalu apa saja bahaya asap rokok bagi bukan perokok?

Penelitian kanker telah mengklasifikasikan asap rokok sebagai karsinogen yang menjadi penyebab kanker. Menghirup asap rokok dapat menyebabkan kanker paru paru pada orang dewasa yang tidak merokok. Sekitar 7.300 kematian disebabkan oleh kanker paru paru yang terjadi setiap tahunnya pada perokok dewasa di Amerika Serikat akibat paparan jangka panjang asap rokok. The US Surgeon General memperkirakan bahwa hidup dengan perokok meningkatkan kemungkinan perokok terkena kanker paru-paru sebesar 20 sampai 30 persen.

Baca Juga :

Cara Alami Bersihkan Asap Rokok Diparu-paru

Asap rokok menyebabkan timbulnya penyakit dan kematian dini pada orang dewasa yang tidak merokok dan anak anak. Paparan asap rokok dapat meningkatkan risiko penyakit jantung sekitar 25 sampai 30 persen. Di Amerika Serikat, paparan asap rokok diduga menyebabkan sekitar 34.000 kematian akibat penyakit jantung setiap tahun. Paparan asap rokok juga meningkatkan risiko stroke sebesar 20 sampai 30 persen. Wanita hamil yang terpapar asap rokok berisiko melahirkan bayi dengan berat badan lahir rendah. Anak-anak yang terpapar asap rokok berada pada peningkatan risiko AIDS, infeksi telinga, pilek, pneumonia, dan bronkitis. Hal ini juga dapat meningkatkan frekuensi dan keparahan gejala asma pada anak yang menderita asma. Sedangkan terkena asap rokok secara langsung dapat memperlambat pertumbuhan paru-paru anak-anak dan dapat menyebabkan mereka mengalami batuk, mengi, dan sesak napas

Jika anda sayang dan peduli terhadap keluarga anda, istri anda, dan anak anda. Sebaiknya segera berhenti merokok ! Bukan hanya anda yang akan mendapat efek samping atau dampak negatif dari merokok, melainkan anak dan keluarga anda juga mempunyai tingkat risiko yang sama ketika menghirup asap rokok dari anda.

Mungkin anda sudah terbiasa mendengar bahaya merokok terhadap tubuh, namun anda tetap tidak menghentikan kebiasaan mengisap rokok karena merasa saat ini kesehatan anda masih baik-baik saja. Namun, perlu diingat merokok itu sama saja seperti anda menabung racun pada tubuh yang sedikit demi sedikit bisa menumpuk jika dilakukan terus menerus. Dengan begitu, resiko menderita penyakit pun akan lebih tinggi pada masa tua. Tidak hanya anda, namun orang-orang disekitar anda juga akan merasakan efeknya karena menghirup asap rokok yang beracun. Selain itu, apakah anda tahu? Salah satu konsekuensi utama yang bisa anda dapatkan dari rokok adalah menderita penyakit jantung. Diperkirakan, sebanyak 20% kematian akibat penyakit jantung terkait langsung dengan kebiasaan merokok.

Ada informasi penting niiihh, bagi anda yang saat ini yang sedang ada masalah kesehatan paru-paru dan pernafasan jangan khawatir karena sekarang sudah ada solusinya dari Cordyceps Plus Capsule produk kesehatan berkualitas untuk anda dan keluarga anda.

Posted Bye : Bahaya Asap Rokok Untuk Paru-Paru

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *